Kirim Pertanyaan
Punya pertanyaan ? Kirimkan pertanyaan kamu dan temukan solusi dari teman lainya sambil berbagi pengetahuan

Pertanyaan : Uang logam dan kertas ?

  1 Jawaban - Follow
  1. #1
    wawan
    kapan dan dimana uang logam dan uang kertas pertama di gunakan

  2. + Jawab Pertanyaan

  3. Uang logam biasanya terbuat dari emas atau perak karena emas dan perak memenuhi syarat-syarat uang yang efesien. Karena harga emas dan perak yang cenderung tinggi dan stabil, emas dan perak mudah dikenali dan diterima orang. Di samping itu, emas dan perak tidak mudah musnah. Emas dan perak juga mudah dibagi-bagi menjadi unit yang lebih kecil. Di zaman sekarang, uang logam tidak dinilai dari berat emasnya, namun dari nilai nominalnya. Nilai nominal itu merupakan pernyataan bahwa sejumlah emas dengan berat tertentu terkandung di dalamnya.

    Uang logam pertama kali dibuat oleh Bangsa Lydia pada Abad ke-6 sebelum masehi. Uang logam yang mereka ciptakan terbuat dari elektrum, suatu bahan yang merupakan campuran emas dan perak dengan komposisi emas 75% dan perak 25%. Uang logam itu disebut “stater” atau “standard” dengan bentuk bulat pejal seperti kacang polong.

    Kemudian, Bangsa Yunani melihat uang logam tersebut dan membuat uang logam versi mereka sendiri sekitar 560 – 546 SM yang diciptakan oleh Croesus. Selanjutnya Bangsa Yunani lebih dikenal sebagai bangsa pembuat uang logam karena mereka membuat uang logam dengan berbagai gambar yang menarik. Zaman dulu, uang dihargai sesuai dengan nilai bahan penyusunnya.

    Uang kertas adalah uang yang terbuat dari kertas dengan gambar dan cap tertentu dan merupakan alat pembayaran yang sah. Menurut penjelasan UU No. 23 tahun 1999 tentang Bank Indonesia, yang dimaksud dengan uang kertas adalah uang dalam bentuk lembaran yang terbuat dari bahan kertas atau bahan lainnya (yang menyerupai kertas). Uang kertas mempunyai nilai karena nominalnya.

    Dalam sejarah, Cina dianggap sebagai negara yang pertama kali menggunakan uang kertas, yakni sekitar abad pertama Masehi pada masa Dinasti T’ang. Penemunya yakni Ts’ai Lun yang hidup di negeri kuno sekitar abad kedua Masehi. Menurut cerita Lun membuat kertas pertama dari kulit kayu pohon murbei yang daunnya sebagai pakan ulat untuk industri sutra Cina. Dalam sejarah yang lain dikatakan, jauh sebelum Lun membuat kertas, orang Mesopotamia juga sudah pernah membuat uang kertas. Namun pembuatannya berulangkali gagal karena bahan baku yang digunakan tidak sekuat bahan yang digunakan oleh Lun. Di Cina pada zaman Kaisar Tsing sekitar 300 tahun sebelum Lun, juga pernah mencoba membuat kertas yang di buat oleh pegawai kerajaan. Namun usaha itu gagal karena bahan bakunya mudah sobek. Setelah mengetahui bahwa Lun menemukan kulit kayu murbei sebagai bahan yang kuat, dan Lun sendiri berhasil membuktikan bahwa bahan itu layak menjadi bahanbaku mata uang, akhirnya para birokrat kerajaan Cina mulai memproduksi mata uang kertas pertama di dunia.

- 2084

Kirim pertanyaan kamu ke Pertanyaan.com atau berbagi pengetahuan kamu dengan menjawab pertanyaan dari teman-teman sekolah yang lain secara online dan gratis.


Gabung dan Daftar Disini

TANYA JAWAB

Pelajaran Matematika Bahasa Indonesia Geografi Sejarah Fisika Biologi Bahasa Inggris Kimia Kewarganegaraan Sosial Olahraga Kesenian

Umum Otomotif Komputer Internet Website Software Game Kuliner Cinta Bisnis Lucu Mudah Hiburan Film Musik
Twitter Pertanyaan