Kirim Pertanyaan
Punya pertanyaan ? Kirimkan pertanyaan kamu dan temukan solusi dari teman lainya sambil berbagi pengetahuan

Pertanyaan : Kota ketiga terbesar di jawa tengah ?

  91 Jawaban - Follow
  1. #31
    Guest
    Kalo menurut saya mungkin purwokerto lebih cocok menjadi kota terbesar no 3 karna kegiatan ekonomi yg tinggi dibanding kota lain.mall mulai tumbuh dari moro sampe rita supermall.pendidikanya juga maju dari tingkat sma sampai universitas.sma di purwokerto jadi tujuan utama pelajar di masbarlingcakeb karena merupakan salah satu sma terbaik di jateng sprti SMA1 SMA2 SMA5 + SMA1 banyumas.
    Terdapat universitas negri yg satu satunya di jateng bagian barat.(fyi di jateng hanya ada 7 univ.negri : Undip Unes Usmaret unsoed untidar poli neg smarang un seni solo).transportasi lengkap minus udara. Stasiun tipe A dan terbesar di jateng bagian barat serta purwokerto dijadikan pusat daerah oprasi kereta api 5 purwokerto sedangkan tegal dan pekalongan hanya bagian dari daop 4 semarang.selain itu ada terminal bus tipe A terbesar ke2 setalah tirtodadi solo.di purwokerto sudah ada taksi sejak tahun 99 ketika kota lain belum ada.terdapat rumah sakit margono terbesar di jateng bagian barat yg sering sebagai rujukan dari masbarlingcakeb +brebes dan tegal.hotel berbintang juga sudah banyak dan yg terbaru yaitu swissbell hotel 22 lantai bintang 4(atau 5 saya lupa sedang di bangun)

  2. #32
    Wong jateng
    Menurut saya kota purwokerto karna fasilitas lengkap mulai dari pendidikan yaitu sma di kota ini jadi rujukan kota kota lain karna terutama SMA 1 dan 2 hanya kalah dengan sma 1 solo dan 3 semarang. Terdapat universitas negri satu2nya di jateng bagian barat. Ada mall mulai dari moro rita pasarraya sri ratu matahari hingga rita supermall transportasi lengkap mines bandara. Ada stasiun terbesar ke 3 se jateng setelah tawang dan balapan dan purwokerto adalah jantungnya DAOP 5 purwokerto. Sedangkan tegal dan pekalongan bagian dari daop 4 semarang
    dan cilacap bagian dari daop 5 dan magelang tidak ada rel kereta.di pwt sudah ada taksi sejak tahun 99 ketika di jateng baru terdapat taksi di semarang solo dan pwt sendiri. Terminal terbesar ke2 di jateng dan rumah sakit terbesar di jateng bagian barat. Hotel sangat banyak. Hingga swissbale hotel 22 lantai yg akan jadi.

  3. #33
    Ogut
    Kota kabupaten menjadi suatu status kota tidak mudah, ada kreterianya , sedikit singkat sbb :
    * ekonominya
    * struktur dan infrastrukturnya
    * jumlah penduduknya
    * dll

    Seblm ada uu no 22 th 1999 yg menghapus tentang kota administratif, yaitu kota kabupaten akan menjadi status kotamadya terlebih dahulu menjd kotif ( kota administratif ) didlm kabupaten.

    Dalam hal ini kota kab. yg dielu2kan anda wkt itu statusnya sdh kotif, dan mungkin jauh sblm reformasi sdh mngajukan ke pemerintah pusat ( kemendagri ) mjd kotamadya tp hingga smp skrg blm mjd kota, artinya blm mmenuhi unsur suatu wilayah status kota atau blm layak jd kota. Selain pwk jg ada kudus, dll , bahkan kota2 kabupaten yg lainpun setelah reformasi berlomba mengajukan status kota.

    Selain dari itu bisa juga dr pemda banyumas yg skarang akhirnya enggan memaksakan purwokerto menjadi status kota ( kotamadya ), karena pemkab lbh nyaman dg status pwk di dlm kab. , mengapa ...??
    * Jika pwk berdiri jadi kota lepas dr kab. sdh brg tentu kedua pemda, yg baru( pwk ) dan yg lama ( banyumas ) berfikir untuk mencari sumber pendptan dr sektor apa yg bs buat andalan ?, karena ini perlu dana besar untuk pembangunan.
    Intinya Kab. banyumas akan devisit pendapatan secara dratis dr pajak pasca pisahnya pwk mjd kota, mengingat ekonomi kab. banyumas bertumpu pd purwokerto, sebaliknya pwk jg berfikir mencari sumber pendapatan untuk anggaran pembangunan pendanaan pemkot baru, yg perlu dana besar, terutama untuk infrastruktur.

    Jika kedua daerah tdk mampu membiayai pembangunan daerahnya, yg ada akan membebani anggaran pemerintah pusat,
    Makanya pemerintah pusat sdh melakukan kajian atau audit laporan suatu daerah.

    Tdk mungkin tdk bs pwk jd kota tergantung pemda banyumas yg sdh sy jelasin diatas.
    Fair aja kita akuin pwk adalah salah satu kota kabupaten yg berkembangannya pesat di jateng.
    ------
    Bukan cuma di pwk saja yg ada fasilitas dan tempat2 komersial modern, di kota kabupaten lain yg skrg maju pesat pertumbuhannya jg bnyk, contoh di cikarang - kab bekasi, karawang, sidoarjo atau solo baru ( solo ) yg notabennya berada di wil kabupaten sukoharjo, bahkan hotel, apartemen towernya lumayan tinggi. Diluar jawa jg ada kabupaten kukar - kaltim yg maju, dg PAD kabupaten paling kaya di Indonesia, dan msh bnyk kota kabupaten lain yg berkembang..

    Terlepas dr itu smua, intinya kabupaten. jelas brrbeda dg kota,
    kabupaten = desa ( sebagian besar wilyahnya pedesaan ), yg dipimpin bupati, dan kota dipimpin walikota, meskipun sm2 daerah tingkat II.
    Secara umum pola tingkah laku atau gaya hidup org kota berbeda dg masyarakat desa.
    Jadi yg merasa di kota kabupaten ada hotel berbintang, mall, tmpat hiburan, dll, itu smua bkn mempresentasikan daya ukur yg namanya status masyarakat kota, artinya bukan standarisasi suatu wilayah perkotaan.


    # perlu digaris bawahi, purwokerto adalah kota kabupaten, jelas tdk bs disamakan dg kota ( kotamadya ), karena statusnya beda, apalg memproklamirkan sbg kota terbesar no 3 di jateng, ...ngawur, mimpi kali !

  4. #34
    Guest
    Menurut saya purwokerto. Karena fasilitas kota sudah memadai mulai dari taxi, pusat perbelanjaan, cafe, diskotique, stasiun juga jdi daop 5 tegal bisa apa?? Ngaku ngaku transmart ada di tegal doang. Di semarang adaa coegg, purwokerto punya stasiun kela A, tegal punya?

  5. #35
    Guest
    Sing bener kota besar ke 3 ning jateng yo purbalingga 😂 penduduk 100ribu, industri akeh nyampe luar negeri, swalayan nambah akeh, hotel bintang 3 ana, taksi ana, rumah sakit nganggo Lift ana, kfc ana, kafe mambrah, kolam renang gede, terbesar di jateng kolam ombake, universitas ana mung kampuse tok tapi, bandara ws ana sdela maning komersil, kota rame terus malah rame ng alun alun purbalingga, ng purwokerto jam 2 bengi ws sepi, ng purbalingga rame bae, akeh komunitas motor tunggu bae komersil bandara jendral sudirman mesti pusate ganten neng purbalingga dudu neng purwokerto
    Alun alune arep di ganti ben koyo alun alun bandung
    Mantap jiwa pokoke, mendoan anget, sroto, es duren bancar, sing ngomong purbalingga elek durung pernah di tonjol sudirman 😂

  6. #36
    Guest
    Yang mendasari kota besar adalah pedapatan dari kota tersebut.kalo bedapatanya gede pasti kotanya rame atau maju.walapun kotanya ga luas tapi kalo pedapatan daerah gede pasti kotanya rame,alias maju.pedapan kota Tegal di bawah semarang,pedapatan daerah itu bersumber dari pajak,pajak bumi bangun ,indutri ,mall, terminal ,pelabuhan kedaraan,dll dan yg pantas menyadang kota ketiga Tegal.ketahulah Tegal banyak mall ,pabri bisa ratusan mungkin ribuan.taxi ,gojeg ada ,jalan tol ada pelabuhan bersar 2..kotanya ga pernah sepi 24 jam,purwokto malem sepi jam 8 malam angkutan ga ada ,rita ,matahari yang belanja sedikit ,mapedapatan daerah dari parkir pasti sedikit.teminal gede bis ga ada pedapatan daerah pasti dikit.karena kurang rame kotanya.
    Di Tegal mobil angkutan 24 jam ,tempat wisata banyak ,semua mall rame.ibarat sawah 2 hektar tapi tanahnya ga subur pasti hasilnya ga gede tapi biar tanah 1,5 hektar tapi tanahnya subur pasti hasil gede ,brebes,cilacap emang kotanya luas tapi pedapatan daerah masih kecil .itulah ulasan yg dimagsud kota besar 3.pedapatan kata Tegal di atas 250 m, purwokerto target.400,sampai 500 m tapi yang di dapat di bawah 200 m.
    Kalo masalah rame Tegal sudah di akui sama kota kota seperti dari purbalingga banjar negara juga termasuk orang purwokerto sendiri.

  7. #37
    Guest
    tegal apaan. rame purwokerto bos
    ngeneh dolann jam 2 bengi esih ramee 24 jam nonstop, durung pernah mning baturaden dugem ya? kasian. mall neng purwokerto rame bos stasiun rame, dadi daop V, terminal kelas A tegal ndue? ya ora
    cuma ketulung jalur pantura tok dadi rame. matahari mall be sepi rita mall sawang tok. neng kene tukang parkir gawane avanza ng kene saking ramene. stasiun tv ndue 2 asli banyumas purwokerto. purwokerto maju lah terus. tegal ndue ratusan pt? ngimpi apa bos? umk juga kalah gede sama purbalingga.
    tegal ndue pelabuhan tapi ra tau nggo parkir kapal yo percuma, sing parkir perau cilik dudu kapal peti kemas

    intine kota gede nomer 3 sejateng kue purwokerto. ra percaya takon pak ganjar, nek ora pak heru oke

  8. #38
    Guest
    kalo masalah pendapatan Kota Kudus jelas lebih besar daripada Kota Tegal, Kayaknya Kota Cilacap juga lebih besar dari kudus. karena kedua kota tersebut terdapat Perusahaan besar. Jadi, semua kota punya kelebihan dan kekurangannya masing. Setau saya menentukan seberapa besar sebuah kota menggunakan jumlah penduduk. Jadi jika Purwokerto akan menjadi kota madya maka kemungkinan Purwokerto lebih besar, karena bisa menggabungkan kecamatan disekitarnya, berbeda dengan tegal yang sudah mentok karena perbedaan administrasi.

  9. #39
    Guest
    kabupaten sama kota beda ya.. jelasnya jgn ngaku kota kalo d peta masih tertulis kabupaten..pertanyaan nya kota ..kalian jangan bawa tpat tinggal sendiri ya.. kota maju bukan penduduk banyak justru kota ramai tp penduduk sedikit itu kota maju.. kota yg pantas pasti ke 1-2 semarang solo.. dan antara purwokerto dan pekalongan bisa di akui.. kalian blm update fasilitas yg terbaru untuk 2017.. pekalongan purwokerto..hotel berbintang kedua ini hampir sama .horison santika djafam dll kedua ini punya dan mall.matahari carrefour hyppermart sriratu yogya dupan mall borobudur mall dll.antara kedua kota ini ada. sampe gojek taksi .. bahkan 24jam kota ini ramai.. sampai umk saja selisih..buat tegal cilacap apa purbalingga sy sudah jelajah d antara kota itu masih jauh...sama purwokerto dan pekalongan... sy jelajah pun gk sehari dua hari disana.. dunia malam aja gk ada. liquid djava apa yg lain gk ada mau maju dari mana...

  10. #40
    um ito
    Yang meng indikasi kota besar biasanya ada fasilitas lengkap ada pelabuhan banyak pabrik ,banyak mall,jalan jalan luas,pendapatan daerah gede..la purwokerto mall cuman satu ,rita supermal .kalo rita pasar raya,sama moro itu bukan mall itu baru super market karena masih kecil.jalan raya kota sempit sempit banget.keramain kota tidak las.pabrik ga ada .kalo Tegal mall ada 5 mall trans mart.,Matahari,Jogja ada2,rita supermal,,Pabrik yg kayawanya ribuan dan kwalitas ekspor .pabrik ,mebel Sas kayawannya ribuan ,pabrik rokok sampurna karyawanya ribuan,pabrik kok ada 6 dan dipake pemain dunia.pabrik gula ,pabrik teh ada 8 teh tong ji ,teh sosro teh dua tang ,gopek ,botol dll belum bembuatan perkereta apian ,galangan kapal .pabrik sarung tenun bangak semua ekspor ke timur tengah,dan masih bayak lagi yg belum di sebutkan karena saking banyaknya
    Tegal keramain kota luas dari ujung utara sampai selatan kalo purwokerto alun alunnya sepi kalo malam sepi lagi. pedapan daerah Tegal sudah 300 M di tahun 2016, purwokerto tahun 2016 kurang dari 200 dari pendapatan daerah,tapi aku akui purwokerto kotanya bersih dan sejuk.



19554

Pertanyaan terkait :
  1. Apa urutan kota besar di Jawa Tengah ?
    Oleh Syahrir di kategori Lokasi - 56
  2. Urutan kota termaju di Jawa Tengah?
    Oleh nizar di kategori Lokasi - 21
  3. Kota kota kecil yang terdapat di jawa timur ?
    Oleh ericsson.willy@yahoo.com di kategori Lokasi - 2
  4. Apa urutan kota terbesar di JAWA TIMUR ?
    Oleh didin di kategori Lokasi - 41
Kirim pertanyaan kamu ke Pertanyaan.com atau berbagi pengetahuan kamu dengan menjawab pertanyaan dari teman-teman sekolah yang lain secara online dan gratis.


Gabung dan Daftar Disini

TANYA JAWAB

Pelajaran Matematika Bahasa Indonesia Geografi Sejarah Fisika Biologi Sosial Bahasa Inggris Kimia Kewarganegaraan Olahraga Kesenian

Umum Otomotif Komputer Internet Website Software Game Kuliner Cinta Bisnis Lucu Mudah Hiburan Film Musik
Twitter Pertanyaan