Mengapa dunia usaha memerlukan akuntansi ?

mengapa dunia usaha memerlukan akuntansi?

Jawaban

  • depay
    depay Level 3
    Akuntansi adalah seni pencatatan, penggolongan, dan pengikhtisaran dengan cara tertentu dan dalam ukuran moneter, transaksi, dan kejadian-kejadian yang umumnya bersifat keuangan dan termasuk menafsirkan hasil-hasilnya. Bahasa mudahnya, akuntansi adalah pencatatan terhadap semua transaksi dan menafsirkan hasilnya, kemudian apa kebijakan selanjutnya. Dengan mencatat kita akan menjadi tahu transaksi apa saja yang telah kita laksanakan, kita menjadi tahu berapa uang yang telah dikeluarkan, kita menjadi tahu berapa jumlah utang piutang, berapa modal yang ada, serta berapa sisa kas kita. Dengannya kita akan menjadi lebih hati-hati didalam mengelola keuangan. Saya mempunyai sebuah gambaran dan ini memang terjadi pada keluarga saya. Ibu saya mempunyai sejumlah utang piutang yang tidak dicatatnya. Ketika masalah ini menjadi besar (keributan), saya meminta Ibu untuk mencatat dengan siapa dan sejumlah berapa utang yang beliau miliki. Betapa kagetnya beliau ketika melihat jumlah yang sangat fantastis (bahkan beliau tidak sadar bahwa jumlah uang yang dipinjamnya sangat besar). Anda boleh bayangkan betapa buruknya yang terjadi akibat tidak adanya catatan dan perhitungan :(

    Jadi intinya, akuntansi sangat penting bagi semua orang. Akuntansi tidak diperuntukkan bagi sebuah korporat saja, tetapi bisa digunakan oleh perorangan, tidak terkecuali anak sekolahan, pedagang, mahasiswa, ibu rumah tangga, anda, bahkan saya sendiri. Saya pernah kebingungan ketika di pertengahan bulan uang jajan saya tinggal sedikit. Saya bingung kemana saja uang tersebut saya pergunakan, hal ini terjadi karena tidak adanya catatan yang mendukung untuk saya mengingat kembali transaksi yang saya lakukan. Mulai sekarang, pelajarilah akuntansi dasar dan selalu catat apa saja transaksi yang telah kita lakukan dengan uang kita..
  • Berikut adalah peran akuntansi dalam sebuah bisnis.

    1. Sebagai Penyedia Informasi Keuangan

    Peran akuntansi dalam sebuah bisnis yang paling mendasar adalah karena kemampuannya dalam menyediakan berbagai macam informasi sekaligus jawaban yang berhubungan dengan segala macam kegiatan keuangan.

    2. Pengendali Keuangan

    Akuntansi akan membuat Anda mengetahui semua data yang berhubungan dengan keuangan sehingga dengan data tersebut Anda dapat mengetahui segala sesuatu mengenai keuangan perusahaan.

    Berdasarkan tersebut, Anda akan dengan mudah mengevaluasi kinerja bisnis Anda.

    3. Sebagai Media dengan Pihak Ketiga

    Akuntansi tidak selalu berhubungan dengan pihak internal perusahaan namun akuntansi juga berhubungan dengan pihak eksternal yaitu stakeholders misalnya masyarakat, pajak dan juga auditor. Seorang akuntan juga menjadi mediator saat pengambilan keputusan dengan para vendor berdasarkan data keuangan perusahaan yang sudah disusunnya.

    Sehingga seorang akuntan dapat memutuskan apakah harga yang di tentukan sudah masuk akan atau belum.

    4. Membantu Stakeholders Mengambil Keputusan

    Para stakeholders perusahaan akan dengan mudah dan cepat dalam mengambil keputusan terkait perusahaan jika adanya informasi keuangan. Seorang akuntan bertanggung jawab menyiapkan segala informasi yang dibutuhkan stakeholders.

    Sumber: https://siscomonline.co.id/akuntansi/

Berikan jawaban