Tunjukkan sikap tenggang rasa dalam keluarga ?

Tunjukkan sikap tenggang rasa dalam keluarga ?

Jawaban

  • Keluarga merupakan wadah pendidikan awal bagi setiap anak karena pertama kalinya mereka terlahir dan mengenal dunia adalah dalam lingkungan keluarga dan juga dididik oleh orang tua. Sehingga dalam keluarga perlu diajarkan untuk bersikap tenggang rasa, saling berbagi, dan memberi sejak dini. Beberapa sikap tenggang rasa yang dikembangkan dalam keluarga diantaranya:

    a) Membantu orang tua.
    Hal ini dapat diwujudkan dengan jalan bekerja sama dengan seluruh anggota keluarga, misalnya dengan melakukan gotong royong untuk membersihkan lingkungan rumah.

    b) Berperilaku sopan santun kepada orang tua.
    Hal ini dapat diwujudkan dengan menerima dan melaksanakan semua nasihat yang diberikan oleh orang tua dengan sungguh-sungguh.

    c) Berperilaku adil dalam segala tindakan di lingkungan keluarga.
    Adil juga merupakan salah satu cerminan dari sikap tenggang rasa di lingkungan keluarga, karena dengan bersikap adil akan tercipta ketentraman dan kerukunan di lingkungan keluarga.

    d) Rasa tanggung jawab dalam keluarga.
    Sikap tenggang rasa dalam keluarga juga dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab terhadap keluarga. Misalnya, saat kita masih anak-anak segala kebutuhan hidup kita sudah dipenuhi oleh orang tua kita. Setelah menginjak remaja, kita mulai menyadari bahwa segala kebutuhan hidup kita selalu dipenuhi oleh orang tua dan kita tidak mungkin bisa bertahan hidup tanpa orang tua. Dengan menyadari hal tersebut, kita sebagai anak harus mempunyai sikap tenggang rasa terhadap orang tua, yaitu dengan cara menghargai dan menghormati orang tua, serta belajar dengan rajin sehingga dapat mencapai keberhasilan dan membuat orang tua kita bangga.

Berikan jawaban