Konflik laut cina selatan / laut tiongkok selatan ?

Jelaskan tentang sebab Konflik laut cina selatan ?

Jawaban

  • dedy
    dedy Level 5
    Laut Cina Selatan merupakan kawasan laut yang terletak di kawasan Samudera Pasifik terbentang dari Singapura dan Selat Malaka di barat daya hingga Selat Taiwan di timur laut. Kawasan ini meliputi lebih dari 200 pulau kecil, bebatuan, dan karang yang sebagian besar berada di rangkaian kepulauan Paracel dan Spratly. Rangkaian kepulauan inilah yang seringkali diperebutkan sehingga menimbulkan ketegangan politik dari beberapa negara di sekitarnya.

    Laut Cina Selatan pada dasarnya merupakan no man’s island karena kawasan ini pada dasarnya tidak dimiliki oleh siapapun melainkan digunakan sebagai jalur perdagangan internasional.

    Adapun negara-negara yang seringkali terlibat dalam konflik karena klaim sepihak adalah Brunei, Filipina, Malaysia, Taiwan, Vietnam, dan Cina.

    Hingga saat ini, Brunei Darussalam mengklaim Louisa Reef dan Rifleman Bank yang merupakan kawasan terpisah dari kepulauan Spratly, Filipina mengklaim tidak kurang dari delapan buah pulau kecil (islet) yang merupakan bagian dari kepulauan Spratly, Malaysia mengklaim 12 pulau tersebar di Laut Cina Selatan, Taiwan mengklaim beberapa kelompok pulau utama di Laut Cina Selatan dan merupakan negara pertama yang menduduki kawasan kepulauan Spratly. Sedangkan Vietnam dan Cina merupakan negara yang mengklaim paling banyak, Vietnam mengklaim seluruh kawasan Kepulauan Spratly dan Cina mengklaim seluruh wilayah Laut Cina Selatan.

    Mengapa Laut Cina Selatan? Setidaknya ada beberapa alasan jika ditinjau dari geopolitik kawasan ini. Laut Cina Selatan merupakan jalur pengiriman barang lewat laut tersibuk kedua di dunia. Setiap tahunnya, lebih dari setengah lalu lintas supertanker dunia melalui jalur Selat Malaka, Sunda, dan Lombok menuju ke Cina, Jepang, Taiwan, dan Korea Selatan. Selain itu, kawasan ini memiliki potensi cadangan minyak dalam jumlah besar. Cadangan minyak telah ditemukan di banyak batas kontinen di sekitar kawasan ini. Hingga saat ini, diperkiran bahwa kawasan ini mengandung cadangan minyak sebanyak 7 milyar barel dan kapasitas produksi mencapai 2,5 juta barel setiap harinya.

    Ketegangan politik antar negara-negara pengklaim kawasan ini sebenarnya telah berlangsung sejak lama, tetapi aksi Cina yang melakukan patroli akhir-akhir ini menimbulkan ketegangan politik di kawasan Asia.

Berikan jawaban